Home Flores Timur Warga Solor ke Larantuka Wajib Pakai Masker

Warga Solor ke Larantuka Wajib Pakai Masker

Penulis: Frans Kolong Muda/ Editor: Arsen Jemarut

753
0
SHARE
Warga Solor ke Larantuka Wajib Pakai Masker

Keterangan Gambar : Camat Solor Barat, Adrianus Kopong Herin.

Larantuka, Flores Pos — Pemerintah Kecamatan Solor Barat mulai Kamis (16/4/2020) memberlakukan wajib masker bagi warga. Penjabat Kepala Desa Balaweling II, Kecamatan Solor Barat, Mace Tukan pada Rabu (15/4/2020) malam melalui para kepala dusun menyampaikan pengumuman resmi kepada seluruh warga masyarakat agar menggunakan masker pada saat bepergian ke Kota Larantuka.

Baca juga: Pasar di Solor Masih Ditutup

"Kasus penularan virus Corona saat ini masih terjadi.Untuk itu kepada warga masyarakat yang pergi ke Kota Larantuka, mulai Kamis (16/4) wajib menggunakan masker untuk menghindari penularan virus Corona. Warga yang tidak mematuhi pengenaan masker akan ditolak saat naik ke dalam kapal motor di pelabuhan laut Pamakayo," demikian isi imbauan yang disampaikan Pemdes.

Sebelumnya Camat Solor Barat, Adrianus Kopong Herin kepada media ini mengatakan, warga Solor Barat yang selama ini diisolasi di rumah sudah diizinkan melakukan perjalanan ke Larantuka sejak Senin (6/4/2020). Sebelumnya selama 14 hari efektif terhitung sejak Selasa (24/3/2020) warga dilarang bepergian keluar Solor karena sedang terjadi penularan virus Corona.

Baca juga: Tenaga Kerja Asal Flotim di Jakarta dan Solo Pulang Kampung, Pemda Lakukan Karantina Terpusat

Camat Adrianus mengatakan Pemcam Solor Barat membatasi jalur pelayaran ke Larantuka hanya melalui satu pintu pelabuhan laut yakni pelabuhan Pamakayo. Pelabuhan laut Ritaebang dan pelabuhan Laut Ongalereng maih ditutup sementara. Sebanyak 4 armada kapal motor penumpang di Solor Barat sejak Senin (6/4) secara bergilir melayani penumpang ke Larantuka hanya pada pagi hari pukul 08.00 Wita dan kembali pukul 12.00 Wita. 

"Pembatasan terhadap pelaku perjalanan bagi warga Solor Barat ke Larantuka lewat satu jalur pelabuhan dengan maksud memudahkan kontrol dan pengawasan Satuan Tugas Satgas Covid-19 terhadap semua penumpang dan warga yang kembali dari perantauan atau dari daerah perkotaan lain," kata Camat Adrianus.

Baca juga: Update Covid19 di Flotim: Jumlah ODP Mengalami Penurunan

Anggota Relawan Covid-19 di Desa Balaweling II, Tobias Tobi Hayon (45) kepada media ini, Kamis (16/4/2020) mengatakan, kondisi sosial masyarakat di Solor tengah menghadapi kemelut ekonomi karena memasuki sebulan terakhir warga dilarang pemerintah keluar dari kampung. 

"Kebutuhan pokok berupa sembako sulit didapat karena para penjual sembako tidak berbelanja di Kota Larantuka. Larangan ke Larantuka sudah dibuka kembali. Saat ini warga yang mau ke kota pemerintah tegaskan wajib pakai masker sebagai alat pelndung diri (APD)," katanya.

"Terkait masker ini, kami harapkan pemerintah sumbang masker gratis kepada semua warga masyarakat Solor," pinta Tobias yang mengaku setiap malam bersama rekan-rekan relawan desa melakukan penjagaan di Posko yang dibangun Pemdes menggunakan Dana Desa.*              ????