Home Manggarai Satgas Penanganan Covid19 Manggarai Cek Ketersediaan dan Harga Sembako

Satgas Penanganan Covid19 Manggarai Cek Ketersediaan dan Harga Sembako

Penulis: Christo Lawudin/Editor: Arsen Jemarut

680
0
SHARE
Satgas Penanganan Covid19 Manggarai Cek Ketersediaan dan Harga Sembako

Keterangan Gambar : Satuan Tugas Penanganan Pandemi Corona Manggarai melakukan pengecekan harga sembako di salah satu toko di Kota Ruteng, Kamis (16/4/2020).


Ruteng, Flores Pos — Satuan Tugas Penanganan Pandemi Corona Manggarai mengecek secara rutin stok dan harga sembako di Kota Ruteng. Pengecekkan dilakukan guna mengetahui keadaan terkait harga dan persediaan barang di lapangan di tengah pandemi corona belakangan ini. Pengecekkan diawali dengan rapat koordinasi yang dilakukan di Aula Dinas Perdagangan, Kamis (16/4/2020).

Baca juga: Pengurus NasDem Manggarai Semprotkan Disinfektan di Kecamatan Reok Barat

Rapat koordinasi guna memetakan apa yang akan dilakukan, dan pembagian tugas tim untuk mendatangi gudang-gudang sembako, agen, distributor, pengecer, dan pedagang di pasar-pasat. Rapat koordinasi dipimpin Kadis Perdagangan Venan Burhan. Usai rapat, anggota Satgas langsung turun ke lapangan. Tim yang melakukan pengecekan di pertokoan dipimpin Kadis Perdagangan Venan Burhan. Pengecekan dilakukan terhadap sejumlah toko yang menjual sembako.

Dari pengecekkan itu diketahui kalau stok gula, tepung terigu, telur, minyak goreng, dan lain-lain, tersedia dengan jumlah terbatas. Hal itu disebabkan oleh adanya pembatasan pelayaran kapal-kapal, baik yang masuk di Labuan Bajo maupun Reo. Kalau keadaan ini berlangsung lama, maka ketersediaan sembako bisa makin menipis dan menimbulkan soal di kemudian hari.

Baca juga: 800-an Pelaku Perjalanan Selesai Jalani Isolasi Mandiri

Pantauan Flores Pos, barang yang mengalai kenaikan harga yang menonjol adalah gula dan bawang putih dan bawang merah, yakni gula Rp 16.000 hingga Rp 20.000 per kilogram, bawang putih Rp45.000 hingga Rp 50.000 per kilogram dan bawang merah Rp 35.000 per kilogram.

Kadis Venan Burhan mengatakan, pengecekkan stok dan harga rutin dilakukan. Hal itu dilakukan guna mengetahui keadaan di lapangan terkait dampak ekonomi dan sosial dari pandemi corona. Hasil akhir pengecekan belum final, karena tim sedang bekerja di lapangan. Tetapi, untuk sementara di toko-toko sembako masih ada dan harga mulai terasa bergerak naik walaupun masih terjangkau masyarakat.

Baca juga: Terang Harapan: Ada di Rumah Kita

"Hasil cek di toko, sembako masih ada, tetapi jumlahnya tidak sebanyak dulu sebelum adanya pandemi corona. Kita harus pastikan stok dan harga akibat pandemi corona ini. Kita ingin pastikan semua aman. Data yang ada pasti dilaporkan ke pimpinan Satgas yang juga Bupati Manggarai guna ditangani lebih lanjut dan dicarikan jalan keluar terbaiknya," katanya.

Untuk stok beras dan gula, pejabat dari Bulog Ruteng, Wahab mengatakan, untuk beras masih ada baik untuk kebutuhan bantuan pemerintah maupun beras komersial. Jumlahnya cukup untuk beberapa waktu ke depan. Untuk gula memang mengalami kekosongam stok, belakangan ini. Tetapi, Bulog sudah mengajukkan permintaan ke pusat.

"Gula itu sudah dalam perjalanan ke Ruteng. Diharapkan minggu depan, gula sudah sampai sehingga stok bisa terisi kembali," katanya.*